Minggu, 08 Januari 2012

CARA MENGHILANGKAN KEBIASAAN TIDUR NGOROK


CARA MENGHILANGKAN KEBIASAAN TIDUR NGOROK (1)

Mendengkur menghilangkan kesegaran dan kualitas tidur Anda, karena tubuh mengalamai kekurangan oksigen. Tidur mendengkur (ngorok) merupakan salah satu tanda dari pernafasan yang terhalang, hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Arthur Kotch, M.D., Direktur Kesehatan dari The Sleep Disorders Center di Rumah Sakit Danbury, Connecticut.
Penyebab mendengkur (tidur ngorok) salah satunya adalah ketika jaringan-jaringan di balik kerongkongan, seperti lidah dan langit-langit mulut saling bersinggungan, bergetar dan memproduksi bunyi dengkuran. Pada kasus lain, persinggungan jaringan-jaringan tadi dapat langsung menghilangkan suplai udara ke dalam tubuh kita. Ini yang disebut sleep apnea, tubuh mengalami kekurangan oksigen, yang dapat merusak jantung Anda.
Orang yang gemuk dengan leher pendek biasanya tidurnya mengorok, karena terdapat pengumpulan lemak yang menghambat saluran nafasnya. Orang kurus pun bisa saja mengorok, terutama jika pada dirinya ditemui kelainan seperti sinusitis , amandel, atau mempunyai kelainan bawaan.
Orang yang tidur mendengkur biasanya sering terbangun di malam hari. Keadaan seperti itu tentu saja bisa berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh, karena tidak mempunyai kesempatan untuk istirahat dengan baik. Selain badan mudah lemah, mengantuk sepanjang siang, hal itu juga bisa berpengaruh buruk pada libido.
Cara mengatasi mendengkur (tidur ngorok)
1. Tidur dalam posisi benar. Dalam hal ini, tidurlah dalam posisi miring agar tak mendengkur. Karena mendengkur biasanya terjadi bila orang tidur dalam posisi terlentang, maka orang terdekat bisa mengurangi kebiasaan itu dengan memiringkan badan pengorok. Tindakan ini dapat mencegah agar lidah tidak jatuh dan menghambat jalan nafas.
2. Hindari minum alkohol, pil-pil penenang atau antithistamin beberapa jam sebelum tidur, yang membuat otot-otot kerongkongan santai sejenak, sehingga menghasilkan dengkuran. Jika Anda masih mendengkur setelah melakukan perubahan di atas, segera periksa telinga, hidung dan tenggorokan pada dokter THT.
**Sumber : Majalah Kosmopolitan


CARA MENGHILANGKAN KEBIASAAN TIDUR NGOROK (2)

BawelOhBawel.Com Tidur mendengkur tentunya akan membuat orang lain merasa terganggu. Dan bahkan mendengkur dapat merusak kualitas tidur itu sendiri. Dengan mendengkur tentunya tidur menjadi tidak sehat lagi. Akhirnya kualitas tidur yang baik dan cukup tidak dapat di rasakan sempurna. Faktor eksternal seperti kegemukan dan makanan yang dikonsumsi dapat menyebabkan seseorang tidur mendengkur. Dan berikut ini Tips Menghilangkan Mendengkur Saat Tidur.
Ganti posisi tidur menjadi miring
Biasanya dengan tidur telentang akan menyebabkan pangkal lidah jatuh ke tenggorokan, sehingga saluran pernapasan menjadi sempit dan suara dengkuran terdengar. Ganti dengan posisi miring agar saluran pernapasan lebih terbuka dan akan mengurangi suara dengkuran.

Mengurangi berat badan
Orang dengan berat badan yang lebih pasti akan tidur mendengkur. Karena berat di sekitar tenggorokan menyempit, dan udara yang keluar masuk tidak lancar dan otomatis suara dengkuran akan terdengar. Untuk itu lebih di sarankan untuk mengurangi berat badan, selain mengurangi suara dengkuran juga memicu hidup sehat.

Hindari konsumsi alkohol dan obat penenang
Dengan mengkonsumsi alkohol atau obat penenang akan menekan sistem saraf pusat sehingga otot menjadi lemas. Sedangkan otot yang lemas ini akan menyebabkan suara dengkuran.

Tidur teratur
Bila kondisi tubuh lelah, maka otot akan lemas, seperti di atas tadi. Maka dengkuran akan terdengar. Untuk itu, mulai lah tidur dengan teratur setiap hari, guna menghindari kelelahan dan kecapekan.

Minum air yang banyak
Ternyata di dalam saluran pernapasan juga terdapat lendir yang menjadi penyebab sulitnya udara keluar masuk. Sehingga akan menyebabkan mendengkur. Di anjurkan untuk minum air 8 gelas sehari agar tidak mengalami dehidrasi dan akan memperlancar saluran pernapasan.

**Sumber : http://www.bawelohbawel.com



Ngorok, Ada 7 Cara Meringankannya – Kebiasaan ngorok saat tidur memang sangat menggangu,apalagi anda yang pemalu takut jadi bahan omongan bagi teman – teman disekitar anda.ngorok tidak bisa dibilang sebuah kebiasaan buruk,ini terjadi karena ada penyumbatan pada pernafasan anda saat tidur,saat anda lagi flu atau ada tonsil yang membesar.

Ngorok tidak mengundang resiko kesehatan anda, kebiasaan mengorok ini bisa menurunkan kualitas hidup. Tidak hanya mengganggu orang yang tidur satu ruangan dengannya, tetapi tidak sedikit penderita dengkur yang juga mengalami sleep apnea atau tersumbatnya jalan napas selama beberapa detik. Akibatnya, suplai oksigen ke otak menjadi berkurang.

Ada 7 cara meringankan ngorok :

1. Ubah posisi tidur
Tidur dalam posisi telentang akan membuat pangkal lidah dan langit-langit mulut “runtuh” ke membran tenggorokan sehingga menyebabkan getaran suara selama kita tidur. “Tidur dengan posisi miring bisa membuat perbedaan besar bagi orang yang terbiasa mengorok,” kata Sudhansu Chokroverty dari Clinical Neurophysiology and Sleep Medicine, AS. Cara lainnya adalah dengan meninggikan bagian kepala saat tidur dengan cara mengganjal bagian bawah kaki tempat tidur.

2. Kurangi berat badan
Mengurangi berat badan bisa membantu pada sebagian orang karena nyatanya banyak juga orang kurus yang tidurnya mengorok. Namun, menurut ahli mendengkur, Daniel P Slaugher, bila Anda mulai mendengkur ketika tubuh menggemuk, maka mengurangi bobot tubuh akan membantu. “Bila terdapat tumpukan lemak di sekitar leher, diameter tenggorokan akan terdesak sehingga bisa memicu ngorok,” katanya.

3. Hindari alcohol
Alkohol menyebabkan otot-otot dalam jalan napas menjadi terlalu santai. Demikian juga halnya dengan obat-obatan penenang dan obat tidur.

4. Atur pola tidur
Pola tidur yang buruk, seperti kebiasaan bekerja lembur sehingga kurang tidur, bisa membuat tubuh kelelahan. Akibatnya saat tiba waktunya tidur, Anda akan memasuki tidur yang dalam dan lama sehingga otot-otot jadi mengendur dan lemas kemudian memicu dengkuran.

5. Matikan rokok
Asap rokok membuat jaringan-jaringan, baik di tenggorokan maupun hidung, mengalami iritasi, sampai bengkak dan menyumbat aliran udara.

6. Cukup cairan
Minumlah cukup cairan setiap hari. “Sekresi di hidung dan langit-langit mulut menjadi lengket ketika Anda dehidrasi. Hal ini menimbulkan dengkuran,” kata Slaughter.

7. Ganti bantal
Alergen di kamar tidur dan bantal mungkin berpengaruh pada terjadinya ngorok. Menurut Slaughter, tungau debu bisa berakumulasi di bantal dan menyebabkan reaksi alergi yang memicu dengkuran. Untuk mengurangi alergen di tempat tidur, cucilah bantal Anda dan jemur di bawah sinar matahari minimal seminggu sekali. Selain itu, jagalah agar hewan kesayangan tidak tidur satu kamar dengan Anda.

Selamat mencoba,semoga 7 cara ini,ampuh menghilangkan kebiasaan ngorok anda.

1 komentar:

  1. SELAMAT Menjalankan Ibadah Puasa di TAHUN BARU 2014..
    Informasi yang sangat BERMANFAAT..
    Terima kasih..
    Semoga SUKSES & Salam KENAL dari :
    ==============================

    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
    ~
    ..Bukan SULAP bukan SIHIR
    Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
    ~
    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
    paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
    murah & mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat singkat.
    Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
    BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
    ~
    Anda akan mendapatkan :
    -. Gerobak
    -. Peralatan masak bakar
    -. Peralatan masak goreng
    -. Kompor, tabung gas & regulatornya
    -. Brosur
    -. Spanduk
    -. Poster
    -. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
    -. Kaos
    -. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam Jabodetabek)
    ~
    Materi inti Training Pelayanan :
    -. Tata cara persiapan pembukaan outlet.
    -. Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
    ~
    Silakan kunjungi web kami:
    ~
    www.tulanglunakgerobakan.com
    ~
    atau :
    Telpon & HP :
    081318374450 (Telkom)
    08561070103 (Indosat)
    081806396669 (XL)
    021-94946600 (esia)
    021-70264774 (Flexi)
    Kantor: 021-4759274
    PIN BB : 28C97C54
    email : bumi.amrita@ymail.com
    ~
    & dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
    Menu-menu andalan kami adalah :
    1. Ayam Bakar Tulang Lunak
    2. Ayam Goreng Tulang Lunak
    3. Pepes Ayam Tulang Lunak
    4. PepesCeker Tulang Lunak
    5. Bebek Bakar & Goreng
    ~
    Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
    - Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
    - ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di sini
    dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
    ~
    Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
    1. Program Dalam Kota
    2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
    Terdiri :
    -. Paket Usaha Standar
    -. Mesin Presto
    -. Training Produksi
    Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat mitra.
    Info lebih lanjut bisa dilihat di :
    http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
    ~
    Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami yg berisi :
    4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
    2 pepes ayam tulang lunak
    2 pepes ceker ayam tulang lunak
    2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
    1 bungkus SAMBAL khas gerobakan
    ~
    Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
    & calon mitra bisa langsung berdiskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO) kami..
    ~
    Tunggu apa lagi, langsung silakan order…
    ~
    SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
    ~
    ~

    BalasHapus